1.Sebutkan
3 ciri umum Object-Oriented Programming !
Jawaban
:
Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu pemrograman
yang berorientasi pada objek. Ciri - ciri OOP antara lain :
·
Abstraksi (Abstraction)
·
Pengbungkusan
(encapsulation)
·
Pewarisan (inheritance)
·
Polimorfisme
(polymorphism)
A. Abstraksi ( Abstraction )
Abstraksi
adalah pengabstrakan atau melakukan seleksi terhadap aspek - aspek tertentu
suatu masalah. Abstraksi digunakan untuk menyembunyikan kerumitan dari suatu
proses. Sebagai contoh, dalam membuat suatu sistem, ada tombol yang dapat
digunakan. Operator atau pengguna tidak perlu berpikir tentang pembuatan tombol
tersebut, tetapi yang penting mereka dapat menggunakannya.
B. Pembungkusan ( Encapsulation )
Pembungkusan
sering sering pula disebut pengkapsulan. Artinya, proses membuat paket dan
objek bersama dengan metode-metodenya. Berdasarkan kode program, proses
memisahkan aspek-aspek objek dilakukan dengan cara pembungkusan. Proses
pembungkusan itu sendiri merupakan cara atau mekanisme untuk melakukan
abstraksi. Dalam traditional programming proses seperti ini
sering disebut information hidding.
C. Pewarisan ( Inheriance )
Ini disebut
membawa atau mewariskan suatu kepada keturunan berikutnya. Misalnya, seorang
anak pasti akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku yang dimiliki orang
tuanya. Dalam konteks ini, suatu class dalam program dapat diturunkan menjadi
class-class baru lainnya yang akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku class
induknya.
D. Polimorfisme ( Polimorpism )
Suatu
kejadian ketika objek dapat mengungkap banyak hal melalui satu cara yang sama
disebut polimorfisme. Secara harfiah, poli berari banyak dan morph berarti
bentuk. Jadi polimorpism berarti mempunyai banyak bentuk. Polimorfisme
memungkinkan anda mengenali kesamaan di antara kelas yang berbeda.
2.
Dasar unit enkapsulasi dalam C++ adalah _________
Jawaban
:
Dasar unit enkapsulasi dalam C++ adalah?
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
3.
Output dari program berikut setelah diekseskusi adalah :
#include
<iostream>
using
namespace std;
int
main() {
cout
<< "C++ is power programming.";
return
0;
}
Jawaban
:
C++ is power programming
4.
Apa gunanya ditambahkan include <iostream> ?
Jawaban
:
# include
<iostream.h> : diperlukan pada program yang melibatkanobjek
cout dan cin
5.
Perintah mendeklarasikan variable panjang
bertipe integer adalah _____________
Jawaban
:
Int panjang;
6.
Perintah menyimpan nilai 10 ke variable panjang
adalah ________________
Jawaban
:
Int panjang=10;
7.
Apakah operator input C++ ?
Jawaban:
Cin>>text yang akan di
input;
8.
Apakah arti ‘\n’ ?
Jawaban
:
Memberikan enter, atau membuat
menjadi kebawah 1x
9.
Mengapa identifier berikut salah :
int
bilangan bulat;
jawaban :
karena
dalam pendeklarasian int tidak menggunakan sepasi
10. Apakah Indeks dan indeks adalah
identifier yang sama?
Jawaban :
Tidak, karena dalam bahasa c++ sangat sensitif
dalam penggunaan kata maupun tanda baca sebagai perintah. Kecuali dalam kasus
(cout<<” text”; dan lain-lain) apapun yang ditulis didalam (“ ”) akan di
cetak sama persis dalam program tersebut.
0 comments
Post a Comment